SENTUL - Setelah
menjadi legenda selama lebih dari satu dekade di Eropa, Yamaha Aerox akhirnya
hadir di Indonesia yang mendapatkan kehormatan untuk memproduksi dan
meluncurkan kasta tertinggi dari matik yang kental aura sporty itu, Aerox 125LC
!
Lahir di tahun 1997, dalam
perjalanannya Aerox mengalami transformasi dan perubahan minor sampai muncul
generasi kedua di tahun 2013. Di Eropa dikenal dengan varian Aerox-Naked,
Aerox-R, Aerox-4. Konsep Aerox lekat dengan mesin yang powerful, dapat dilihat
dari varian mesinnya 4-stroke 50cc Liquid Cooled (Aerox-4) dan 2-stroke 50cc
Liquid Engine (Aerox-Naked dan Aerox-R). Di tahun 2016 ini Indonesia
menyempurnakannya dengan melahirkan Aerox 125LC bermesin 4-stroke 125cc Liquid
Cooled dan powerful dengan daya maksimum 8,4kW (11,2PS) / 9000 rpm.
Dengan
tagline “Life is A Race”, Aerox 125LC diperkenalkan pertama
kali di dunia, di hadapan awak media Indonesia di Sentul International Circuit,
Bogor, Senin 18 Januari 2016. Perkenalan perdana ini juga disemangati suasana
perayaan Triple Crown MotoGP 2015 yang diraih tim Yamaha, karena lahirnya Aerox
125LC pun terinspirasi dari spirit racing MotoGP.
Arti nama Aerox 125LC sendiri sudah
menunjukkan keunggulannya. Aero (Aerodinamis), X (Xtreme / performa dan
pengendaliannya), LC (Liquid Cooled). Aerox 125LC mempunyai tiga karakter unik
yaitu racing style (gaya balap), top performance (performance maksimal), agile
maneuver (manuver lincah).
”Aerox 125LC menjadi produk terbaru
kedua Yamaha Indonesia di tahun 2016 ini setelah pekan lalu diluncurkan New
Fino 125 Blue Core. Kami sangat bangga diberikan kepercayaan untuk memproduksi
kasta tertinggi Aerox dengan mesin 125cc, ini yang pertama di dunia ada. Motor
ini sangat cocok untuk konsumen pria penyuka matik namun ingin tetap bergaya
sporty, apalagi memiliki racing spirit. Dengan kelebihan-kelebihannya, kami
optimis Aerox akan diterima positif di market Indonesia,” ujar Mohammad
Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Aerox 125LC tersedia tiga warna
yaitu Racing Blue, Champion Matt Grey, Light Speed White. Target penjualan
Aerox 125LC adalah 120 ribu unit per tahun. Harga on the road Jakarta Rp
18.200.000.
Gaya Balap, Performa Terbaik, Lincah Berkendara
Aerox 125LC adalah matik dengan
performa terbaik di kelasnya ! Terbaik di kelasnya dengan kapasitas mesin
125cc, Liquid Cooled (berpendingin cairan) yang membuat suhu mesin stabil sehingga
performa mesin maksimal, serta berteknologi MotoGP (Forged Piston dan DiASil
Cylinder).
Sebagai motor berjiwa sporty MotoGP,
Aerox 125LC memiliki desain bodi berkarakter motor sport yang terlihat berisi
di bagian depan dan meruncing di bagian belakang. Fitur-fitur lainnya pun
memperkuat karakter tersebut dari desain lampu, hidden rear grab handle, racing
seat, speedometer, sport fender, smart side stand switch, smart key shutter.
Desain lampu depan Aerox 125LC
menyerupai air duct YZR-M1 dan sudah mengadopsi teknologi lampu LED. Bodi
belakang model runcing dan lampu dengan desain runcing serta pegangan penumpang
tersembunyi (hidden rear grab handle) menegaskan kesan motor sport dan
berkarakter MotoGP. Racing seat bergaya balap dengan warna gelap di bagian
depan dan belakang yang sewarna dengan bodi motor sehingga tampak seperti
single seater. Jok sangat nyaman karena ada tonjolan di bagian depan agar duduk
tidak bergeser dan tonjolan untuk penumpang sebagai pembatas duduk. Speedometer
yang sporty mengadopsi model jam tangan sport.
Kuatnya karakter sport juga
membentuk front fender yang menempel pada shockbreaker (tidak menempel pada
bodi depan) sama seperti pada motor sport, sehingga ini merupakan model baru
bagi motor matik, apalagi dilengkapi pelindung shock membuatnya aman dari batu
atau kerikil. Aerox 125LC juga dilengkapi smart side stand switch sehingga aman
saat parkir. Smart Key Shutter yang multifungsi dan aman, bisa digunakan
sebagai kunci kontak, untuk akses ke bagasi untuk membuka jok, dan pengaman
saat parkir.
Konsumen penyuka kelincahan
berkendara juga bisa mendapatkannya dari kualitas unggulan Aerox 125LC.
Penunjang kelincahan itu dari naked handle bar, sporty rear wide tire, riding
position, smart key shutter. Handling ringan dan lincah karena model stang
lebar tanpa cover layaknya motor sport. Ban lebar sehingga lebih stabil dan
tampilan gagah. Meskipun bodinya ramping, bagasinya luas menampung helm standar
Yamaha. Posisi berkendaranya ada dua untuk posisi nyaman dan racing.
Spesifikasi
Aerox 125LC
Dimensi
|
|
P X L X T
|
1857mm X 742mm X 1070mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1265mm
|
Jarak Terendah ke Tanah
|
135mm
|
Tinggi Tempat Duduk
|
760mm
|
Berat Isi
|
102 kg
|
Kapasitas Tangki Bensin
|
3,8L
|
Mesin
|
|
Tipe Mesin
|
Liquid cooled, 4-stroke, SOHC
|
Jumlah / Posisi Silinder
|
Single cylinder
|
Ddiameter x Langkah
|
52,4 x 57,9 mm
|
Perbandingan Kompresi
|
10,9 ± 0.4 : 1
|
Daya Maksimum
|
8.4kW/9000rpm
|
Torsi Maksimum
|
10.4Nm/6500rpm
|
Sistem Starter
|
Elektrik & kick starter
|
Sistem Pelumasan
|
Basah
|
Kapasitas Oli Mesin
|
Total = 0,90 L ; Berkala = 0,80 L
|
Sistem Bahan Bakar
|
Fuel Injection
|
Tipe Kopling
|
Kering, sentrifugal
|
Tipe Transmisi
|
V-belt automatic
|
Rangka
|
|
Tipe Rangka
|
Underbone
|
Suspensi Depan
|
Teleskopik
|
Suspensi Belakang
|
Unit swing
|
Ban Depan
|
70/90-14M/C 34P
|
Ban Belakang
|
100/70-14M/C 51P
|
Rem Depan
|
Disc brake
|
Rem Belakang
|
Drum brake
|
Kelistrikan
|
|
Sistem Pengapian
|
TCI
|
Battery
|
YUASA/YTZ5S
|
Tipe Busi
|
NGK/CR7E
|
Sumber : Yamaha-motor.co.id